Fatimah Azzahra, Pemimpin Wanita Surga

Fatimah Azzahra, Pemimpin Wanita Surga

Hari ini, 23 januari 2022 bertepatan dengan tanggal 20 jumadil akhir adalah hari lahirnya Azzahra. Mari kita berbahagia, terus menyelami kisah-kisah hidupnya dengan membaca kisah-kisah beliau, menjadikan beliau sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari.

Ialah fatimah binti rasulullah. Sosok wanita yang begitu banyak memiliki keutamaan dan kelebihan. Menulis tentangnya membuat diri ini begitu malu. Siapalah gerangan saya, hingga mengamati kehidupan sang putri rasululullah?

Menyelami perjalanan hidup beliau merupakan bekal terbaik untuk para wanita. Karena sayyidah fatimah merupakan putri dari pemimpin orang-orang terdahulu juga pemimpin orang-orang kemudian, rasulullah SAW. Ibunya khadijah, sosok mulia sang pemimpin kaum wanita seluruh alam.

Maka, saat menyelami kisahnya; mari sejenak melepaskan diri dari segala pikiran duniawi sehingga kita mampu merasakan begitu agungnya perjalanan hidup beliau, sehingga kita mampu mengambil banyak hikmah dan teladan untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita.

Sayyidah fatimah dilahirkan di kota mekah, lima tahun sebelum nabi Muhammad diangkat menjadi rasulNya. Beliau tumbuh dewasa di rumah tangga paling suci di dunia, yaitu rumah yang senantiasa dipenuhi dengan cahaya iman dan berkah. Sayyidah fatimah tumbuh dewasa diatas ketakwaan terbaik. Ia tumbuh menjadi sosok yang berhati kuat, berbudi pekerti luhur, berjiwa tenang, hanya mengenal iman dan hanya dikenali iman.

Hari ini, 23 januari 2022 bertepatan dengan tanggal 20 jumadil akhir adalah hari lahirnya sayyidah fatimah. Mari kita berbahagia, terus menyelami kisah-kisah hidupnya dengan membaca kisah-kisah beliau, menjadikan beliau sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari.

Sayyidah fatimah menikah pada tahun 2 hijriyah dengan Ali bin Abi thalib sang sahabat rasul. Mahar beliau berupa baju besi huthamiyah, selimut, bantal dari kulit berisi serabut, geriba air, ayakan, gelas, batu gilingan, dan dua kantong kulit.

Sayyidah fatimah memiliki empat orang anak, dua laki-laki dan dua perempuan. Ialah Hasan yang lahir pada tahun 3 hijriyah. Lalu pada tahun 4 hijriyah lahirlah husain. Pada tahun kelima hijriyah sayyidah melahirkan putrinya yang diberi nama Zainab oleh kakeknya. Dan dua tahun berikutnya, fatimah memiliki seorang putri lagi yang diberi nama ummu kultsum.

Sayyidah fatimah merupakan sosok wanita yang zuhud. Beliau hidup bahagia walau tidak memiliki harta, beliau tidak merasa sengsara walau dalam keadaan tidak berpunya. Sayyidah fatimah menempatkan akhirat di depan mata untuk meniti jalan menuju ridha Nya. Sayyidah menghabiskan seluruh hidupnya dengan zuhud dan berguru langsung kepada pemimpin orang-orang zuhud; yaitu ayahnya, Muhammad bin Abdullah.

Sayyidah fatimah wafat pada hari selasa, tahun 11 hijriyah. Fatimah meninggal dunia membuat duka di hati orang-orang yang ditinggal. Beliau meninggalkan dunia tanpa kesedihan, karena beliau tidak pernah menginginkan secuil apapun dari kejayaan dunia. Semoga Allah merahmati dan meridhai sayyidah fatimah, dan menjadikan surga firdaus sebagai tempat kembalinya beliau.

Sayyidah fatimah wanita mulia,

Akhlaknya nan indah, kelembutannya begitu menentramkan jiwa

Suaminya Ali Al-murtadha sang pemberani

Putra putrinya gagah nan menyejukkan hati

Sayyidah Fatimah adalah teladan bagi para ibu

Ia ibu dari dua pemuda surga

Hasan dan husain penyabar terbaik,

Sifat-sifat baik adalah hasil didikan ibu

Sayyidah Fatimah sang wanita pemimpin surga

Teladanilah ia, ikuti jejaknya

Ia tumbuh dewasa dengan ketakwaan terbaik

Senantiasa membaca quran dan air mata terus berderai karena takut kepada Allah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url