[TIPS] : Tetap Sehat Di Musim Rawan Flu

[TIPS] : Tetap Sehat Di Musim Rawan Flu

Nabastala.com - Salah satu musim yang ada di indonesia adalah musim hujan. Musim yang biasanya terletak di bulan yang berakhiran nama 'ber'. September-oktober-november-desember. Musim yang mengajarkan kita untuk siap siaga berlari jika memiliki jemuran, hehe.

Selain kesiapan angkat jemuran, menjaga kesehatan di musim hujan juga harus diperhatikan. Salah satu penyakit yang sering menyerang di musim hujan adalah flu yang membuat aktivitas terganggu. Karenanya, penting sekali untuk menerapkan bagaimana cara agar tetap fit saat musim hujan.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan agar tetap sehat meski diguyur hujan:

1. Pastikan tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang terlihat lesu dan tidak bersemangat sehingga menimbulkan stress yang membuat sistem kerja imun menurun.

Menurut studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine disebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam, hampir tiga kali lebih rentan terhadap flu dibandingkan dengan orang yang memiliki jam tidur cukup selama delapan jam sehari.

Karenanya, pastikan kamu tidur dengan jam yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat kebal dari virus penyakit di musim hujan ini, sob :)

2. Menjaga Pola Makan

Setelah memperhatikan jam tidur, tips kedua adalah menjaga pola makan. Pola makan yang baik akan membuat tubuh seseorang menjadi lebih anti terhadap penyakit yang menyerang. Makanlah makanan yang mengandung asupan nutrisi seperti vitamin C yang terdapat pada sayuran, dan buahan.

Untuk sayuran yang mengandung vitamin C, kamu dapat mengosumsi bayam, brokoli, tomat, sedang untuk buah-buahan kamu dapat memperbanyak konsumsi jambu merah, pepaya, jeruk.

Dalam penelitian Medical News Today, disebutkan bahwa bayam mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah flu.

3. Mandi setelah kehujanan

Tips ketiga ini mungkin terdengar konyol. Tapi ini bermanfaat, Sob!

Mandi langsung setelah kehujanan dapat mengusir banyak infeksi sehingga virus flu tidak menyerang.

4. Olahraga

Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan berolahraga. Tidak harus yang berat-berat seperti mengangkat beban hidup, sederhana saja. sebagai contoh, kamu bisa melakukan gerakan rutin selama 30 detik dalam satu hari untuk mengaktifkan sel darah putih untuk meningkatkan sistem imunitas. Seperti yang terdapat dalam buku fisiologi kedokteran karya Guyton dan Hall, bahwa sel darah putih memiliki sistem pertahanan yang kuat untuk melindungi daerah tubuh yang memiliki peradangan.

Demikian empat tips yang dapat diterapkan untuk menjaga tubuh agar tetap fit di musim hujan. Semoga bermanfaat. Tetap sehat, jangan sakit. Sehat aja tidak ada yang sayang, apalagi sakit. He-eu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url