Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jejak: Lebih Dekat dengan Komunitas Pejuang Islam dan Himpunan Thalabah Muda (KOPI HITAM) Aceh

Bismillah. Tulisan ini hadir dengan dua alasan. Pertama, saya suka menulis; Kedua karena orang –orang perlu tahu soalan Kopi Hitam Aceh.

Agar tidak bertanyae-tanyae. Tidak lagi bertele, sebagai awal perkenalan mari kita bahas dulu kepanjangan dari KOPI HITAM ACEH.

KO= Komunitas
PI = Pejuang Islam
HI = Himpunan
Tam = Thalabah Muda
Aceh= Karena pergerakannya di wilayah Aceh

Harapannya, manfaat pergerakan ini bisa menyebar kepada semua penduduk bumi. Tsah. Aamiin.

Kenapa dinamai KOPI (komunitas pejuang islam?) Karena misi pergerakan ini adalah mensyiarkan nilai-nilai islam.

Kenapa harus HITAM ( Himpunan Thalabah Muda?) karena semua yang bergabung dalam komunitas ini adalah pembelajar yang terus ingin belajar.

Lanjut..

Apa sih dasar terbentuknya Kopi Hitam Aceh? Jawabannya adalah: Keresahan serta merindukan perubahan. (Kenapa puitis sekali?)

Keresahan disini bermakna: Gelisah dengan kondisi pemuda zaman ini yang memiliki banyak luang namun masih banyak waktu terbuang. Sehingga dengan adanya komunitas ini menjadi sebuah wadah tempat berkumpulnya pemuda sehingga waktu yang ada menjadi lebih bermanfaat.

Merindukan perubahan bermakna: Mengharapkan dengan adanya komunitas ini menjadikan adanya perubahan kondisi pemuda ke arah yang lebih baik. 

Setelah alasan penamaan nama dan dasar terbentuknya, mari kita selami Misi dan Visi dari KOPI HITAM ACEH.

Misi: Menciptakan generasi muda millenial yang intelektual dan mampu bersaing di era globalisasi berbasis islami.

Visi: Menjadi wadah untuk perkumpulan pemuda yang ingin menjadi lebih baik.Menciptakan generasi yang menyambung estafet dakwah Rasulullah.Menjalin hubungan sosial yang harmonis tanpa memandang latar belakang dan status.Mempererat silaturahmi antara pemuda, santri, mahasiswa, dan masyarakat.Membuat program-program untuk berkontribusi untuk umat.

Tujuan dari komunitas ini adalah semoga dengan adanya perkumpulan ini menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan ridha Allah dan Syafaat Rasulullah.

Sejak kapan kopi hitam ini lahir?

25 April 2020, sekarang usianya insyaa Allah memasuki tahun ke-tiga di April mendatang. Hampir 3 tahun, lantas apa saja yang telah dilakukan Kopi Hitam Aceh? Yuk baca teruss.

1. Kampung Quran.

Deskripsi Kegiatan: Pembinaan anak-anak usia 6-15 tahun belajar membaca al-quran khususnya serta pembinaan pembentukan karakter anak yang islami, berani, cerdas. Kegiatan ini rutin setiap ahad pagi jam 08:00-11:00.

2. Sholawat Keliling dalam Rangka Sambut Rabiul Awal

Deskripsi Kegiatan: Pembacaan sholawat serentak secara berkeliling yang dilakukan setiap awal Rabiul Awal dengan tujuan bergembira karena bulan kelahiran sang Rasul, Muhammad SAW.


3. Santunan Anak Yatim.

Deskripsi Kegiatan: Kegiatan rutin di bulan Muharram dengan tujuan melayani, menyenangi, dan membahagiakan anak-anak Yatim.

4. Silaturahmi Sekolah

Deskripsi Kegiatan: Sebuah kegiatan untuk mempererat hubungan komunitas dengan lembaga pendidikan yang berada di kecamatan.

5. Pioh Siat.

Deskripsi Kegiatan:Pengajian Rutin secara online di Ig Komunitas @kopi_hitam_aceh 

6. Maulid.

Deskripsi Kegiatan: Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan maulid berupa pembacaan Maulisd, Tausiah, Raja sholawat, untuk memperingati kelahiran sang Rasul

7. Akademi Ramadhan.

Deskripsi Kegiatan:Sebuah kegiatan pembelajaran anak-anak Khusu bulan Ramadhan dengan berbagai agenda islami dan kreatif.

Gimana-gimana sampai sini, makin penasaran enggak sama Kopi Hitam Aceh? Bebas kepoin kok. Xixi. Kunjungi media sosial resminya boleh, mau nanya di kolom komentar dibawah juga boleh. Hehe

Salam Hangat,
Nabastala, yang selalu mencintai kata. Insyaa Allah

Nova Mulyasari Jaihas
Nova Mulyasari Jaihas Pengagum Kata yang Sedang Belajar Menulis dan Mencintai

Posting Komentar untuk "Jejak: Lebih Dekat dengan Komunitas Pejuang Islam dan Himpunan Thalabah Muda (KOPI HITAM) Aceh"