Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERLU PERAN BERJAMAAH UNTUK CIPTAKAN GENERASI BERKUALITAS



                                   Ditulis oleh: Tengku Muhammad Faisal ( Ketua Umum Kopi Hitam Aceh)

Dalam kamus besar bahasa indonesia, generasi dimaknai dengan kumpulan orang-orang yang kira-kira sama waktu hidupnya, angkatan; turunan. Berkualitas dimaknai dengan memiliki mutu yang baik. Sehingga dapat kita simpulkan, generasi yang berkualitas adalah kumpulan orang-orang yang hidup pada suatu masa dengan memiliki mutu yang bermakna. Dalam psikologi dijelaskan bahwa generasi berkualitas adalah generasi dalam aspek perkembangannya dapat bertumbuh dengan optimal sehingga membawa banyak manfaat dalam hidup yang mereka jalani.

Generasi berkualitas tidak terbentuk begitu saja, mereka harus diciptakan, dan untuk menciptakannya dibutuhkan peran dari semua pihak, mulai dari keluarga, pendidikan, serta masyarakat. Dalam tulisan ini, izinkan penulis sedikit mengulas peran dari keluarga, pendidikan, masyarakat, dan pemerintah untuk dapat menciptakan generasi berkualitas.

Keluarga. Keluarga adalah lembaga pertama yang sangat berpengaruh untuk menciptakan generasi berkualitas. Peran penting keluarga harus dimulai dari bagaimana memilih pasangan hidup. Bagaimana laki-laki memilih perempuan yang akan menjadi ibu dari anak-anaknya, pun sebaliknya bagaimana perempuan juga memilih laki-laki yang akan mampu menjadi kepala rumah tangganya, akan sangat menentukan bagaimana nantinya generasi yang tercipta. Setelah memilih pasangan, maka peran keluarga selanjutnya adalah bagaimana orangtua mampu mencukupi kebutuhan si anak, baik dari segi makanan, perlindungan, dan pemilihan pendidikan yang tepat.

Pendidikan. Generasi berkualitas pastinya terlahir dari pendidikan yang berkualitas. Oleh karenanya peran lembaga pendidikan sangat penting, dimana lembaga tersebut bukan hanya sekedar memberikan ilmu saja, melainkan harus mampu mendidik dalam artian sebenarnya. Bukan hanya mengeluarkan ijazah, melainkan harus mampu meluluskan murid-muridnya dengan pemahaman nilai-nilai pendidikan. Oleh karenanya, bagaimana manajemen lembaga pendidikan perlu diatur sedemikian rupa agar generasi yang berkualiatas dapat tercipta.

Masyarakat. Peran masyarakat juga sangat menentukan terciptanya generasi berkualitas. Salah satunya adalah dengan memberikan kepedulian dan perhatian dengan menanamkan nilai-nilai kebijaksanaan. Apabila ada perilaku yang menyimpang, maka masyarakat menegur dengan cara-cara baik. Sehingga dengan begitu, generasi berkualitas dapat diciptakan.

Pemerintah. Pemerintah juga memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang berkualitas. Yaitu dengan cara terus memberikan dorongan untuk terus maju dan bertumbuh dengan berbagai cara yang bisa pemerintah lakukan. Zaman yang sedang kita hadapi adalah zaman penuh fitnah. Dimana para generasi disibukkan dengan berbagai hal yang membuat mereka jauh dari kata berkualitas. Sibuk Game online,Judi Chip Online, pergaulan tidak sehat, sehingga masa depan yang seharusnya gemilang menjadi hancur lebur. Sehingga peran pemerintah sangat diharapkan untuk generasi zaman ini. Mulai pemimpin negara,provinsi,kabupaten,kecamatan bahkan desa pun dalam perlu memperdulikan hal ini.Harapan penulis kepada kepemerintahan untuk sama-sama menjaga generasi sehingga generasi dapat bertumbuh secara berkualitas meski hidup di zaman yang penuh tantangannya.

Sebagai penutup, penulis akan menyimpulkan bahwa untuk menciptakan generasi berkualitas harus ada peran dari berbagai macam pihak. Tentunya, berkualitas disini bukan saja bermakna unggul dalam bidang keilmuan maupun mandiri dengan materi atau banyaknya harta yang dimiliki, melainkan tentang generasi yang berkualitas dengan keimananan yang kokoh. Sehingga dengan didasari imanlah keilmuan terus dikaji dan dikembangkan. Harapan penulis mari sama-sama kita wujudkan generasi berkualitas di zaman yang penuh tantangan ini. Generasi harus berkualitas, bismillah!

Editor:
Nova Mulyasari Jaihas .




Nova Mulyasari Jaihas
Nova Mulyasari Jaihas Pengagum Kata yang Sedang Belajar Menulis dan Mencintai

Posting Komentar untuk "PERLU PERAN BERJAMAAH UNTUK CIPTAKAN GENERASI BERKUALITAS"